Sabtu, 02 Januari 2010

Endang Yuli Purwati ; Penyayang Anak Terlantar



Endang begitu nama pangglilannya Sosok guru yang menyayangi anak-anak, mungkin terdengar sudah biasa. Namun untuk pengajar yang memberi perhatian ekstra pada anak-anak telantar rasanya tidak terlalu banyak dijumpai.

Itulah yang dilakukan Endang Yuli Purwati (50), guru yang rela menyisihkan sebagian waktu, tenaga dan materinya untuk mengurus anak-anak telantar dan bayi korban perkosaan.

Sehari-hari, wanita yang akrab disapa Yuli ini bekerja sebagai guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Bandung. Namun begitu di sela-sela aktivitas mengajarnya Yuli tetap mengurus bayi dan anak-anak telantar di rumahnya.

Yuli melakukan kegiatan sosial ini sejak tahun 1984. Hingga kini tak kurang dari 54 anak telah diurusnya.

Kerja keras Yuli rupanya sampai ke tangan Pemprov Jabar. Akhirnya ia mendapat penghargaan sebagai salah satu sosok wanita inspiratif masyarakat Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Endang saat Peringatan Hari Ibu (PHI)ke-81 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Pusdai, Selasa (22/12/2009).

Wanita kelahiran Kabupaten Bandung 1 Juli 1959 ini juga salah satu sosok perempuan yang ada dalam buku 'Perempuan Inspiratif Jawa Barat' yang dilaunching oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Dalam buku tersebut ada 26 profil perempuan dari Kabupaten dan Kota di
Jawa Barat.

Saat ditanya Gubernur Heryawan mengapa Endang mau membagi hidupnya dengan mengasuh anak-anak yang bukan anak kandungnya dia menjawab dirinya hanya mensyukuri apa yang diberikan Allah SWT.

"Saya kebetulan berasal dari keluarga miskin, sekarang saya mensyukuri apa yang diberikan Allah dengan merawat anak-anak telantar," ujar Endang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.