Rabu, 23 Desember 2009

Gaya Hidup Santa Claus Tidak Sehat



Health News Tue, 22 Dec 2009 16:14:00 WIB

Santa Claus, sosok kakek tua yang suka memberi hadiah selalu dicintai saat perayaan Natal datang. Tapi, Santa Claus ternyata juga musuh nomor satu bagi kesehatan.

Seperti dilansir Health Day dari BMJ, Dr Nathan Grills dari Monash University di Melbourne, Australia percaya imej terkini Santa yang mengalami obesitas, mengemudi dalam keadaan mabuk, ngebut, dan gaya hidup lain yang tidak sehat.

Dalam jurnal yang ditulisnya, Grills menampilkan isu terkait Natal. Jurnal ini bagaikan laporan penyelidikan yang ironis.

“Santa hanya perlu memengaruhi kesehatan dengan 0,1 persen untuk merusak nyawa jutaan orang,” tulis Grills dalam jurnal tersebut. Grills berpendapat, Santa bisa mengubah dunia dengan meningkatkan kesadaran orang perihal kesehatan.

Grills mencatat, Santa banyak berhubungan dengan produk tidak sehat, seperti minuman soda, dan sering muncul dengan pipa rokok di tangannya. Di beberapa negara, orang-orang meninggalkan tempat brendi untuk Santa. Padahal, berbahaya jika mabuk saat mengemudi.

Lebih lanjut, Grills berpikir pula tentang anak-anak yang duduk di sebelah Santa. Apa yang akan terjadi jika orangtua periang itu sedang batuk, yang bisa menyebarkan penyakit tersebut pada anak-anak. ”Bukankah bisa jadi liburan tidak mengenakkan?,” pikir Grills. (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.