Selasa, 12 Januari 2010

Larangan Berlebih-lebihan dalam Berdo'a



Diriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal bahwa ia pernah mendengar anaknya berdo'a, "Ya Allah jika aku masuk surga nanti, aku mohon kepada-Mu istana putih yang bertempat di sebelah kanan surga." Lalu Abdullah berkata, "Wahai anakku mintalah surga dan berlindunglah dari api neraka. Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Sesungguhnya akan ada satu kaum dari ummat ini yang berlebihan dalam bersuci dan berdo'a'," (Shahih, HR Abu Dawud [96] dan Ibnu Majah [3864]).

Diriwayatkan dari Abu Nu'amah dari Ibnu Sa'ad, bahwasanya ia berkata, "Ayahku mendengarku ketika aku berdo'a, 'Ya Allah aku bermohon kepada-Mu kenikmatan, keindahan surga, dan ini dan itu. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka, rantai-rantai neraka, belenggu-belenggu neraka dan ini dan itu.' Lalu ayahku berkata, 'Wahai anakku sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Akan muncul suatu kaum yang berlebih-lebihan dalam bersuci dan berdo'a'."

Janganlah termasuk kamu golongan mereka, jika kamu dianugerahi surga maka kamu akan diberikan semua yang ada di dalamnya dan apabila kamu dijauhkan dari api neraka berarti kamu akan dijauhkan dari segala kejelekan yang ada di dalamnya'," (Shahih, HR Abu Dawud [1480]).

Kandungan Bab:

1. Haram hukumnya berlebihan dalam berdo'a sebab ini termasuk kategori melampui batas dan Allah tidak suka terhadap orang-orang yang melampui batas.


2. Di antara contoh berlebihan dalam berdo'a:
1. Meminta sesuatu yang dilarang dan diharamkan Allah terhadap hamba-Nya semasa di dunia, sebagaimana yang diminta bani Israil kepada Musa, "Perlihatkanlah Allah kepada kami dengan nyata. Maka mereka disambar petir karena kezhalimannya," (An-Nisaa': 153).


2. Mengangkat suara (mengeraskannya) ketika berdo'a sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah SWT, "Berdo'alah kepada Allah dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melapui batas," (Al-A'raf: 55).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.