Kamis, 14 Januari 2010

Ibu yang protektif anak akan selalu tidak nyaman bila jauh dari ibunya



Jakarta, Ada anak kecil yang tak bisa semenit pun lepas dari dekapan sang ibu. Kemana pun ibunya pergi bahkan ke kamar mandi sekalipun, si kecil selalu mengikutinya. Bagaimana mengatasi perilaku anak seperti ini?

"Ini biasanya terjadi pada balita karena adanya rasa ketidaknyamanan. Biasanya kalau orangtua terlalu protektif terhadap anak, bisa membuat anak tidak bisa lepas dari ibunya dan kemana-mana harus sama ibunya," ujar psikolog anak Tia Rahmania, MPsi dari Klinik Kancil saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/1/2010).

Tia menuturkan pemicu paling besar adalah rasa ketidaknyamanan. Jika anak kecil sering dilarang bermain keluar, kurang bisa bersosialisasi atau semua fasilitasnya sudah disediakan di rumah, hal ini membuat dunia anak hanya sekitar dirinya dan orangtua saja. Akibatnya anak merasa tidak nyaman jika harus berada sendirian dan jauh dari orangtuanya.

Meskipun beberapa orangtua merasa senang atau tidak masalah jika si kecil selalu ingin bersamanya, tapi perilaku ini tidak bagus untuk anak. Karena nantinya saat anak tersebut beranjak remaja atau dewasa akan tumbuh menjadi anak yang tidak mandiri serta penakut.

Tia memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya tidak selalu tergantung dengan orangtua terutama ibunya, yaitu:

1. Sering-seringlah mengajak anak keluar untuk bertemu dengan orang-orang baru sehingga anak juga bisa belajar bersosialisasi.

2. Orangtua harus bisa menunjukkan di depan anaknya bahwa orang yang baru dikenalnya tersebut juga dikenal oleh orangtuanya.

3. Perbanyak melakukan stimulasi untuk merangsang anak agar berani sendiri dan orangtua harus memperlihatkan kepercayaannya pada anak.

4. Tidak ada salahnya untuk memasukkan anak ke taman bermain sejak usia 2 tahun. Ini bisa berguna untuk mengenalkan anak tentang dunia atau orang-orang lain disekitarnya, sehingga melatih keberanian anak.

"Dengan seringnya anak bersosialisasi, maka lama kelamaan anak akan bisa lepas dari orangtuanya dan tahu bagaimana harus menempatkan perilakunya dihadapan orang lain," ujar psikolog yang mendapat gelar masternya dari UI.

Jika tak ingin si kecil menjadi anak yang selalu tergantung dengan ibunya, maka janganlah terlalu protektif terhadap anak. Biarkan anak bermain dengan dunia luar dan bertemu orang-orang baru untuk melatihnya menjadi anak yang pemberani serta mandiri.

1 komentar:

  1. mohon bantuan...saya lagi mencari definisi protektif itu sendiri dari segi teoritis (buku,hal,tahun,pengarang,judul buku) untuk skripsi saya...bisakah anda membantu saya,,,?

    tolong ya....

    BalasHapus

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.