Senin, 23 November 2009

Tanda Lahir pada si bayi (toh jaya)



Jakarta, Terkadang seringkali ditemukan bayi yang baru lahir memiliki sebuah tanda khusus di tubuhnya yang muncul saat baru lahir atau beberapa minggu setelah kelahiran. Tapi bagaimana tanda lahir ini bisa terbentuk?

Tanda lahir bisa bervariasi bentuk dan ukurannya serta terkadang juga ada yang permanen melekat di tubuh si anak hingga dewasa kelak. Selain itu tanda lahir juga bisa melekat di bagian tubuh manapun.

Tanda yang paling umum terjadi adalah akibat pembuluh darah yang dikenal sebagai 'stork mark'. Ini disebabkan oleh kelainan dalam cara membentuk pembuluh darah tepat di bawah permukaan kulit saat bayi berkembang di dalam rahim. Tanda ini biasanya muncul secara spontan dan tidak diwarisi oleh orangtuanya.

'Stork mark' biasanya berada di belakang leher, kelopak mata atas atau di tengah-tengah dahi, terjadi pada 1 dari sekitar 40 bayi. Umumnya tanda ini akan hilang atau memudar pada saat bayi berusia 2 tahun. Jika bertahan hingga dewasa umumnya sudah berwarna pucat atau tidak terlalu terlihat.

Sedangkan untuk 'strawberry mark' atau haemangiomas biasanya tidak terlihat saat baru lahir, tapi akan muncul pada minggu pertama kelahiran. Sebagian besar berbentuk kecil dan tidak membutuhkan pengobatan dan akan menghilang dalam lima tahun pertama kelahiran. Tanda ini bisa menimbulkan masalah jika terdapat di sekitar mata, mulut atau alat kemaluan dan biasanya membutuhkan pengobatan medis.

Terkadang tanda lahir ini bisa bersifat permanen yang disebut dengan 'port wine strain' dan muncul saat baru lahir. Tanda ini mempengaruhi 3 dari 1.000 kelahiran bayi dan hampir sepertiganya muncul di daerah wajah. Tanda lahir ini berwarna gelap dan cenderung lebih tebal seiring dengan bertambahnya usia sehingga mirip seperti benjolan.

Seperti dikutip dari Childrenfirst, Senin (23/11/2009), penyebab tanda lahir ini akibat kurangnya lapisan otot polos di sekitar pembuluh darah yang berdinding tipis (kapiler) atau bisa juga disebabkan oleh kurangnya serat saraf yang berguna untuk mensuplai pembuluh darah.

Biasanya untuk menghilangkan tanda lahir ini bisa menggunakan teknologi laser, yaitu dengan menproduksi sinar kuat untuk menargetkan jaringan tertentu dalam tubuh. Selain untuk memperbaiki penampilan, teknik laser ini dapat digunakan untuk menghilangkan tanda lahir yang bisa membahayakan.

Tanda lahir yang membahayakan seperti 'strawberry mark' di mata dapat menghalangi penglihatan anak. Tanda lahir yang jarang ditemukan bisa berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya. Atau luasnya 'port wine strain' pada lengan atau kaki dapat dikaitkan dengan pembesaran esktrem yang dikenal sebagai sindrom Klippel Trenaunay (penyakit pembuluh darah kapiler kulit yang bisa mengakibatkan pertumbuhan berlebih jaringan lunak, tulang dan varises).

3 komentar:

  1. tulisan diatas cukup bagus dan menarik, sehingga menggugah keinginan saya untuk bertanya...
    pertanyaannya"teman saya punya tanda lahir di wajah berwarna merah, hampir separuh wajahnya. terus agar tanda lahir itu dapat hilang, apa yang sebaiknya dilakukan teman saya itu....? kalo toh dengan operasi dimana dia bisa menjalaninya dan kira2 berapa biayanya...?
    tank's atas jawabannya

    BalasHapus
  2. saya anggie,.saya ingin berbagi pengalaman.saya juga memiliki tanda lahir d wajah saya,, dulu ketika masi bayi ukurannya sebesar kepalan tangan dewasa ,tepat melingkari mata kanan saya,, tapi setelah pembatu saya mendapat mimpi untuk menggunakan serangga sejenis semut angkrang(semut merah yang besar)untuk menggigitkan di bagian daging yang merah sekitar mata kelamaan tanda merahna menghilang.mama saya mengatakan kurang lebih 1 kali gigitan di lakuan tiap 1 minggu, lama kelamaan tanda lahirna menghilang, karna saat proses penggigitan kluar darah sedikit2,,alhamdulillah kini tanda lahir saya tidak sebesar dulu ,yang sampai melingkar mata,.kini hanya seperti pembuluh darah merah seperti orang abis jatuh ato d bogem,hehe
    ,sekarang usia saya sudah 23thn,saya saat ingin tanda lahir itu hilang,, dan saya sudah mencoba untuk dilakukan laser sebanyak 6 kali,, tapi hasilna ga maximal,, sedih buang2 uang jutaan,,, mungkin next time klo sudah ada rejeki saya cari tempat penyinaran yang terbaik,,
    nb:skarang orang2 d sekitar daerah saya melakukan cara untuk menggigitkan dengan semut angkrang untuk menghilangkan tanda merah d wajah bayinya,, klo anak sudah terlalu besar susah hilangnya

    BalasHapus
  3. @anggi : aku mo nanya nih ... masa sih bisa ??? sakit gak kalo pake smut angkrang ? rasa pas di laser tanda lahir nya gmna ???

    BalasHapus

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.