Kamis, 12 November 2009

Merasa Dibedakan, 182 Jamaah Calhaj Banten Minta Pindah Pemondokan




Makkah - Merasa dibedakan dan tidak mendapatkan fasilitas pemondokan yang sama, 182 jamaah calon haji asal Lebak, Banten, pun protes. Akhirnya, para jamaah pun dipindahkan dari pemondokan 817 ke 816 di wilayah Sektor 8, Bakhutmah, Makkah, Arab Saudi.

Sebenarnya 182 jamaah calhaj asal Lebak, Banten ini merupakan bagian dari 455 jamaah calhaj dari Kloter 11 (Jakarta Pondok Gede) yang berangkat dari Terminal Haji Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Saat tiba di Makkah hari Senin (9/11/2009), jamaah satu kloter ini ternyata dipisah ke dalam dua pemondokan.

Sebanyak 273 jamaah ditempatkan di pemondokan bernomor 816, sedangkan sisanya sekitar 182 jamaah lainnya ditempatkan di pondokan bernomor 817. Namun setelah dibanding-bandingkan, 182 jamaah menilai fasilitas dan kondisi di pemondokannya kurang bagus dan tidak layak di bandingkan pemondokan 816 yang memili loby luas dan ada kulkas di setiap kamarnya.

Karena itulah, mereka protes dan minta dipindahkan dari pemondokan bernomor 817 itu.

"Kami minta pindah karena, di rumah 817 kamar mandinya satu untuk 25 orang. Untuk orang-orang yang sudah tua itu menyulitkan karena mereka umumnya tidak bisa menahan lama kalau mau buang air besar (BAB). Lingkungan sekitar rumahnya juga kotor, banyak lalat dan kotoran burung merpati," kata salah seorang jamaah calhaj Mumu Khairul Mukti kepada wartawan Tim Media Center Haji Daker Makkah.

Setelah mengajukan permohonan kepada Ketua Kloter yang ditembuskan kepada Sekretaris Sektor 8, akhirnya permintaan itu dikabulkan. 182 jamaah calhaj ini pun langsung pindah menempati pemondokan rumah bernomor 816 bergabung bersama jamaah satu kloternya pada Selasa (10/11/2009) sore waktu setempat.

"Permasalahan sudah selesai, seluruh jemaah kloter tersebut akhirnya bisa menempati rumah 816, karena memang ada kamar-kamar yang masih kosong. Sebenarnya kamar-kamar tersebut untuk jamaah lain yang akan datang, namun bisa digeser," ujar Kepala Sektor 8 Ahmad Danial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.