Kamis, 12 November 2009

Konsultasi Ubudiyah Anda dengan Ust. Uje



Cara Menghilangkan Sifat-Sifat Jelek
Abi Curhat | 12/10/2009
assalamualaikum ustadz uje,aku ingin bertanya?

1.gimana cara menghilangkan sifat2 yg jelek? sepeti iri dengki,pelit,amarah dll

2.saya punya teman saya yang pelit,jadi dia tidak pernah memberi apa2,tapi kalau ada temen bawa sesuatu (makanan) dia paling doyan makan,dan hati saya merasa tidak ikhlas atau bagaimana itu,padahal makanan itu bukan dari saya,tapi yg bikin aku ngk ikhlas dia makan ngk pakai perhitungan sikat sana sikat sini,yg ingin aku tanyakan apakah itu termasuk kotoran hati, dan berdosakan aku,,walau setelah itu saya istiqfar ingat akan dosa, kalau berdosa apakah aku harus minta maaf kepada teman saya itu agar aku mendapat ampunan dari allah? dan saya menceritakan kejelakan temen saya kepada ustadz apakan itu juga saya berdosa?
selanjutnya...

Hitungan Fidyah
Abi Curhat | 12/10/2009
ass....ustadz...

saya mau nanya..
berapa rupiah sih..klo kita mau bayar fidyah sehari... makasih ustadz.. Musrin_Jakarta

wass.....

selanjutnya...
Bagaimana Hukumnya Mendoakan Orang Selain Agama Islam
Abi Curhat | 09/10/2009
uje,mau tanya dunk....kalau mau do'ain orang selain islam yang meninggal gmn ya baiknya????kan ajaran agamanya beda.hukumnya gmn tuh...thx b4... Fitri wijaya_Jkt

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Friend, Mendoakan orang lain hukumnya tentu baik dan berpahala. Termasuk juga mendoakan hal-hal yang baik buat seorang non muslim sekalipun. Misalnya mendoakan kesembuhannya bila sakit atau bisa terbebas dari kesulitan duniawi lainnya. Dan yang paling utama adalah mendoakannya agar mendapat hidayah
dari Allah sehingga bisa memeluk Islam.
selanjutnya...

Menyusui Ketika Hamil
Abi Curhat | 07/09/2009
Assalamualaikum

3 hari yang lalu istri saya melakukan tes kehamilan dengan dan hasilnya positif hamil..
perasaan bahagia dan syukur terucap dari kami atas peristiwa ini. Namun kebingungan pun kami rasakan saat ini karena kami masih memiliki anak yang berusia 20 bulan dan masih tergantung ASI. Makanan padat bisa masuk tapi tetap saja konsumsi ASInya intens sekali. Kami ga tega untuk menyapihnya pak..

Kebetulan dari berbagai artikel yang kami baca, menyusui ketika hamil dinilai tidak membahayakan. Saya pengen tanya gmn hukum islam tentang menyusui ketika hamil..apa harus disapih pak?

Terima kasih sebelumnya pa ustadz atas masukannya

Wassalam

Iwan

selanjutnya...

Fitnah
Abi Curhat | 19/08/2009
Assalamualaikum WR. WB

Begini pa Kyai saya seorang suami berumur 28 tahun dan mempunyai istri berumur 27 tahun, saat ini saya bekerja di Dinas Pemerintah di kota Bogor Pa Kyai Saat ini saya Sedang Mendapat Musibah saya Kena Fitnah Ditempat saya bekerja, Atasan saya kehilangan Uang.
selanjutnya...

Membangun masjid dari sumbangan non Muslim
Abi Curhat | 19/08/2009
Di tempat kami ada masjid yang dibangun dari sumbangan non muslim. Apa hukum sholat dan beribadah di dalamnya?

Abu Kayyis
selanjutnya...

Arti Nama Anak
Abi Curhat | 09/07/2009
Assalamualaikum wr,wb.

ada yang ingin saya tanyakan mengenai nama anak.alhamdulillah 2 minggu yang lalu saya baru saja melahirkan seorang anak perempuan.kemudian suami saya memberi nama depan Tsuraya, yang katanya berarti Bintang. sepengetahuan saya bahasa arab-nya bintang itu adalah An-Nujuum. jadi benarkah arti Tsuraya = Bintang?
terima kasih
Lia

wassalammualaikum, wr.wb
selanjutnya...

Meng-adzani bayi lahir
Abi Curhat | 09/07/2009
Cukup dg adzan apa dg iqomahnya. Bolehkan adzan pada si bayi itu diwakilkan?
Minanurrokhman


Buang Angin Dan Wudlu

Abi Curhat | 06/04/2009
Assalamu`alaikum wr. wb.

Teman non-muslim saya menanyakan kepada saya, kenapa kalau kita batal wudlu, karena buang angin misalnya, bukannya cebok, akan tetapi muka dan tangan [wudlu] kita yang dibasuh. Bukankah yang kotor itu dubur kita ?

Saya agak kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan penjelasan yang mudah diterima. Tentu saja dia tidak mau terima logika saya yang mengatakan bahwa itulah yang disyaratkan oleh agama untuk berwudlu.

Mohon penjelasannya.

Ass Wr. Wb.

Danis
selanjutnya...

Pacarku Anak Germo
Abi Curhat | 06/04/2009
pacarku anak seorang germo,dan aku sangat mencintainya tapi orangtuanya nggak suka pacaransama aku tapi anaknya suka sama aku dan aku ingin menikahinya ,yang saya tanyakan apakah ada salahnya bila aku menikahi anak seorang germo dan apa yang harus saya lakukan agar ortunya setuju anaknya aku nikahi sebab ortunya tahu dulu aku aku anak yang nakal tapi insya allah sekarang aku tobat ,dan jawaban apa yang harus saya berikan kepada ortu aku dan orang desa kalau aku ditanya apakah nggak ada gadis lain selain anak germo itu ?

Anang
selanjutnya...

Menunda Keturunan
Abi Curhat | 02/03/2009

Assalamu'alaikum
Saya seorang single 23 thn yg insyaAllah akan melangsungkan pernikahan di bulan depan,yang mau saya tanyakan saya dan calon istri saya sudah sepakat untuk menununda punya keturunan (dgn alasan mau menabung dulu), sampai setelah kami merasa sudah siap (kira-kira sesudah 1-1,5 tahun) baru kami akan siap untuk punya keturunan, bagaimanakah hukumnya, bolehkah?

Dyah
selanjutnya...

Wali Nikah
Abi Curhat | 02/03/2009

assalamu'alaikum wr. wb.
ba'da tahmid wa sholawat
ust. ane mau tanya..
ane akan melaksanakan akad nikah. namun yang menjadi fikiran ane adalah karena orang tua akhwat yang akan ane nikahi menyerahkan wali nikahnya kepada kakek si akhwat dalam rangka menghormati beliau.

Joko S
selanjutnya...

Hibah dan Fitnah ?
Abi Curhat | 08/01/2009

Ass, Wr, Wb.

Ustad, ada yang mau saya tanyakan mendesak mengenai hibah dan fitnah, yaitu :

kami sangat membutuhkan jawaban ini pak Ustad..

pertanyaan :
ibu kami mendapatkan surat hibah dari nenek beliau sebidang tanah 185M diatas tanah nenek saya yang 1300 M, di tahun 1988. pada saat itu dibuat surat hibah dengan bermaterai cukup, disaksikan dan dittd oleh 3 orang anak nenek ibu / paman ibu yang semua laki2.
selanjutnya...

Sabar apakah Unlimited ?
Abi Curhat | 08/01/2009

2. Sabar apakah Unlimited ?

Assalamualaikum wr.wb.

Semoga kita semua selalu ada dalam Lindungan Allah SWT.

Ada yang ingin saya tanyakan ustadz, saya sdh menikah hampir 11 th. Alhamdulillah sdh mendapat titipan dari Allah seorang Putri berusia 10 th. Saya wanita bekerja dulu sewaktu suami saya masih kuliah selama 4 th suami saya tidak memberikan nafkah materi dengan alasan uangnya untuk kuliah. selama menikah saya banyak mengalami cobaan ustadz, mulai dari suami yang berselingkuh 2 kali( itu yang ketahuan ), saya memaafkan ustadz meskipun tidak punya kepercayaan lagi terhadapnya .
selanjutnya...

Ujian Kerja di PNS
Abi Curhat | 01/12/2008

Assalamualaikum wr.wb

Uje, saya 26 tahun bekerja sebagai honorer di pemerintahan daerah, mungkin sebentar lagi saya akan diangkat menjadi PNS pekerjaan saya salah satu diantaranya adalah menjalankan apa yang diperintahkan oleh atasan saya termasuk membuat kwitansi palsu dan surat perintah perjalanan dinas bodong alias sebenarnya tidak dilakukan perjalanan dinas tsb, tapi uangnya diambil...
selanjutnya...

Shalat Hajat
Abi Curhat | 01/12/2008

Ass.Wr.Wb

UJE... saya mo tanyatentang sholat hajat,karena sy baca di internet sholat hajat & bid'ah. ada yang bilang boleh dikerjakan ada yang tidak. arti dari bid'ah itu apa? mohon penjelasannya yang lengkap boleh dikerjakan atau tidak.
selanjutnya...

Istri Istikhomah & Ikhlas
Abi Curhat | 05/11/2008

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana caranya menjadi istri yang istikomah dan ikhlas,karena sekarang suami selalu sibuk (kami berdua bekerja dan dikarunia seorang putri berumur 8 thn). Semenjak suami diangkat menjadi IT & disekolahkan oleh Perusahaan dan selalu membawa pekerjaan ke rumah karena di kantor sedang ada program software baru dimana suami menjadi penanggung jawab pekerjaan tsb.
selanjutnya...

Suami Berzina Apa yang Harus Dilakukan Istri?
Abi Curhat | 05/11/2008

Pak ustadz yang terhormat,

Saya saat ini dalam kondisi yang sangat tertekan, bingung Dan rendah diri. Suami saya telah berselingkuh Dan berzina dengan perempuan lain sebanyak 2 x. Saya sangat stress Dan depresi saat ini memikirkan apa yang telah dilakukan suami saya itu.
selanjutnya...

Bayar Niat Puasa
Abi Curhat | 23/10/2008

Assalamualaikum Wr.wb.
Pak Ustadz yang terhormat,
Adik Saya pernah niat puasa, yaitu kalo lulus ujian akan puasa 10 hari terus menerus.
Tapi setelah dijalankan 5 hari, pada hari ke- 6 terasa berat, lalu
mau berbuka.
Pertanyaannya. apakah Puasa yang telah berjalan 5 hari itu harus diulangi lagi hingga genap 10 hari. ( Jadi mulai dari pertama lagi ) Trus. apakah puasa / niat 5 hari itu tetap dihitung atau batal sama sekali.
Atas jawaban serta nasehat Ustadz kami ucapkan terima kasih.
Jatza kummullah khairon katsiroh.
Wassalam kami.

Iman Fathney
selanjutnya...

Haid
Abi Curhat | 23/10/2008

Ass wr wb Ustadz

SY BERUMUR 24 TAHUN.MASALAH SY KITARAN HAID YANG TIDAK TERATUR.SELEPAS 7 HARI HAID HABIS, 6 HARI KEMUDIAN SY DAPATI ADA KELUAR DARAH SEPERTI HAID DAN BERLANJUTAN SELAMA 7 HARI SEPERTI HAID BIASA.5 HARI KEMUDIAN MASALAH YANG SAMA BERULANG.MAKNANYA DALAM SEBULAN 3 KALI DATANG HAID.BAGAIMANA KEADAAN SY SEKARANG.ADAKAH SY BOLEH SOLAT SEPERTI BIASA SELEPAS HAID PERTAMA?

Mira
selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.