Kamis, 08 Oktober 2009

Calcium menperlancar Diet Anda


Manfaat kalsium tak cuma menguatkan dan memadatkan tulang, tapi juga memperlancar program penurunan berat badan.

Alasannya, kalsium berpengaruh terhadap sistem metabolisme energi dalam tubuh.Pada saat asupan kalsium dibatasi, terbukti tubuh mengalami kenaikan berat badan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini bisa terjadi karena ternyata konsumsi kalsium yang rendah dapat merangsang penimbunan lemak dalam tubuh hingga akhirnya akan memicu terjadinya kegemukan. Sementara, jika kebutuhan kalsium tercukupi, hal ini bisa memperlambat proses penimbunan lemak yang terjadi dalam tubuh!

Kalsium sangat mempengaruhi kerja hormon parathyroid (PTH). Jika jumlah kalsium dalam tubuh hanya sedikit, maka kadar hormon PTH tersebut akan meningkat. Peningkatan hormon ini berpotensi untuk membuat Anda selalu merasa lapar. Sebagai akibatnya, Anda pun bakal makan lebih banyak sehingga energi yang tersimpanpun otomatis akan jadi lebih banyak, dan itu berupa timbunan lemak.

Lantas, berapa banyak kalsium yang diperlukan tubuh untuk mendukung program diet Anda? Setiap hari, setidaknya Anda perlu tiga porsi makanan yang mengandung susu dan produk olahannya; satu cangkir susu, yoghurt atau satu ons keju. Anda juga bisa mengandalkan sumber kalsium dalam buah dan sayuran seperti brokoli, bayam atau kangkung. Sebagai tambahan, tulang ikan yang dapat dimakan seperti ikan salmon atau ikan teri juga bisa dijadikan alternatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.