Senin, 02 November 2009

Obat Alamai : Tapak Dari penyembuh Asma


Tapak dara (Catharanthus roseus) lebih dikenal sebagai tanaman hias. Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini termasuk ke dalam familia Apocynaceae. Merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh subur di padang atau dipedesaan beriklim tropis dengan ketinggian batang mencapai 100 cm. Jenis herba ini diketahui dapat mengobati beragam penyakit. Semua bagian dari tanaman ini, mulai dari akar, batang, daun hingga bunga mengandung unsur-unsur zat kimiawi yang berkhasiat untuk pengobatan.


Kandungan

Vinkristin, vinrosidin, vinblastin dan vinleurosin adalah kandungan komposisi zat alkaloid yang ada pada tanaman ini.



Khasiat

Dengan kandungan tersebut tidak mengherankan bila tapak dara diyakini dapat menyembuhkan penyakit luka bakar, asma, bronkhitis, diabetes, hipertensi, leukimia, demam, radang perut, disentri, kurang darah, gondong, bisul, borok, luka baru, dan bengkak.

Langkah pengobatan

* Radang Perut dan disentri
Rebus 15 - 30 gram daun tapakdara kering dengan 3 gelas air sampai mendidih. Tambahkan dengan gula kelapa lalu diminum pagi dan sore.

* Luka bakar
Rendam beberapa daun tapak dara bersama 0,5 genggam beras dalam air. Kemudian tumbuk bersama-sama sampai halus. Tempelkan ramuan ini pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar .

* Asma dan bronkhitis
Rebus 1 potong bonggol akar tapakdara dengan 5 gelas air. Lalu minum ramuan ini 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Catatan : Perempuan hamil dilarang menggunakan tanaman obat ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.