Senin, 02 November 2009

Binatang Apakah KISTA itu??



Kista adalah semacam 'kantong' berisi cairan. Kista dapat tumbuh di bagian manapun dari tubuh Anda. Ia bisa datang dan pergi sesukanya. Ada yang harus dihilangkan, tetapi sebagian besar kista tidak berbahaya. Berikut ini pernyataan yang meski Anda ketahui dari tiga orang spesialis mengenai kista.

Kista Payudara

Apa yang menyebabkannya?

Menurut Eva Singletary, MD, seorang ahli operasi kanker dan profesor di University of Texas, kista di payudara terjadi karena tersumbatnya saluran air susu. Kelenjar di payudara Anda selalu mengeluarkan sekresi cairan, yang dapat mengandung partikel-partikel yang menyumbat saluran yang sangat kecil tersebut. Jika hal ini terjadi, maka saluran yang dipenuhi cairan tersebut akan menjadi sebuah kista kecil.

Bagaimana melenyapkannya?

Tunggu saja. Butuh waktu setahun bagi cairan di dalam kista untuk larut. Untuk sementara waktu, beberapa peneliti menyarankan untuk mengurangi kafein atau mengkonsumsi kapsul primrose oil yang bisa mengurangi rasa sakit pada payudara yang ada kistanya. Menurut Dr. Singletary, jika kista yang Anda derita benar-benar membuat Anda tidak nyaman, mintalah dokter Anda menghilangkan cairannya dengan bantuan jarum.

Mengapa kista kembali lagi?

Menurut Dr. Singletary, mungkin ada hubungannya dengan tingkat hormon pada jaringan di payudara dan juga secara genetika. Beberapa wanita mewarisi kemungkinan ini. Sebetulnya kista umum terjadi pada wanita yang muda, dan Anda akan mendapatkan beberapa saat Anda mendekati menopause, karena tingkat hormon Anda berkurang drastis.

Haruskah saya khawatir?

Sangat penting untuk memeriksakan semua benjolan di payudara Anda. Tetapi jika Anda sudah mengetahui jawabannya, Anda bisa santai, kista tidak akan tumbuh menjadi kanker payudara. Menurut Dr. Singletary, kista berbentuk seperti anggur, dan dapat bergerak sedikit di bawah kulit. Sementara bejolan akibat kanker biasanya keras seperti batu dan tak bisa digeser.
Kista pada Rahim

Apa yang menyebabkannya?

Ovulasi. Kista pada ovarium atau rahim yang paling sering muncul adalah kista fungsional biasa atau kista yang mengandung sel telur yang belum dilepaskan. Ada juga kista yang lebih berbahaya yang disebut kista corpus luteum. Kista ini berupa kantong berisi cairan yang terbentuk setelah ovarium melepaskan sel telur. Kista ini bisa tumbuh sebesar bola bisbol dan menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Bagaimana cara menyingkirkannya?

Tidak bisa. Kista fungsional biasanya bersih dalam 8-12 minggu. Selain itu, menurut Barbara Goff, MD, profesor dari fakultas onkologi dan ginekologi di University of Washington, memilih untuk mengoperasinya akan mengurangi tingkat kesuburan Anda. Jika Anda harus menempuh operasi, misalnya karena kista Anda berdarah, mintalah untuk mengangkat kista tersebut saja, bukannya seluruh rahim Anda.

Mengapa kista kembali lagi?

Wanita yang menderita endometriosis cenderung untuk selalu menumbuhkan kista, tetapi meski begitu, hal tersebut hanya faktor ketidakberuntungan semata. Menurut Dr. Goff, peneliti masih berusaha untuk menemukan alasan mengapa ada beberapa wanita yang mudah terkena kista fungsional.

Haruskah saya khawatir?
Tidak perlu, karena kista fungsional tidak meningkatkan risiko terhadap kanker. Jika dokter Anda merasakan benjolan pada ovarium Anda, ia dapat memeriksa menggunakan USG. Jika Anda sudah menopause dan berada pada risiko lebih tinggi terhadap kanker rahim, ia dapat melakukan tes darah untuk menemukan protein yang biasanya ditemukan pada sel-sel kanker.

Selain kista di payudara dan di rahim, wanita juga memiliki kemungkinan menumbuhkan kista di kulit. Yang menyebabkannya adalah tersumbatnya folikel rambut. Yang membuat hal itu terjadi biasanya usia di atas 30-an, genetis, dan jerawat. Kista pada kulit lebih banyak diderita pria. Anda bisa berkonsultasi pada dokter kulit Anda untuk melenyapkannya. (niq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.