Selasa, 13 Oktober 2009

Misibah Alam Kerap Menghantui Persiapkan Diri Anda Untuk Tetap Siaga



Fenomena alam yang terjadi di berbagai kawasan di Indonesia bahkan ancaman perang dunia belakangan ini kerap menghantui dan membuat para korban mengalami trauma yang mendalam. Di sisi lain, banyak pelajaran penting yang dapat diambil dari setiap fenomena alam yang terjadi di Indonesia maupun belahan dunia manapun. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, “Gempa akan terus terjadi dan karakter tanah secara luas sulit diubah dengan teknologi”. Ada baiknya kita persiapkan diri untuk tetap waspada menghadapi fenomena alam yang selalu menghantui.

Belum genap satu bulan gempa mengguncang sebagian besar wilayah Jawa Barat dengan kekuatan 7,3SR. Tepatnya tanggal 30 September 2009, mata kita kembali tertuju pada sebuah gempa tektonik berkekuatan 7,6SR yang menimpa sebagian besar wilayah di Sumatera Barat dan beberapa wilayah lain yang juga ikut merasakan getaran akibat gempa tektonik itu. Gempa tektonik yang mengguncang sebagian besar wilayah Sumatera Barat itu getarannya juga dirasakan hingga ke negara Singapura dan Malaysia dan memakan korban hingga ratusan atau bahkan ribuan orang meninggal dan luka-luka.

Korban meninggal dunia yang tercatat sementara hingga saat ini sudah mencapai 603 jiwa meninggal dunia, 412 jiwa luka berat, 2.039 jiwa luka ringan dan sekitar 343 jiwa diketahui hilang dan belum berhasil diketemukan. Selain itu, ratusan atau bahkan ribuan rumah dan bangunan di hampir seluruh kota Padang ambruk dan kondisinya rusak berat. Dan bahkan beberapa rumah yang selamat pun kondisinya sudah cukup mengkhawatirkan untuk dijadikan tempat tinggal.

Mengingat fenomena alam gempa yang akan terus terjadi di berbagai wilayah Indonesia terutama yang berada di apit oleh lempeng tektonik, hal yang terpenting pertama, setiap individu diharapkan jangan panik dan mampu melindungi dirinya sendiri seperti mengumpet di bawah meja atau apapun yang mampu melindungi kita dari reruntuhan dan segeralah keluar rumah apabila terjadi gempa. Untuk Anda yang berada di dalam bangunan, alangkah baiknya keluar bangunan melalui tangga darurat setelah gempa reda.

DAN PERSIAPKAN DIRI ANDA ; UNTUK TETAP ISTIQOMAH BERIBADAH HANYA KEPADA ALLAH SEMATA, BERBUAT KEBAIKAN, BERSEDEKAHLAH DISAAT SEMPIT MAUPUN LAPANG, TERANG-TERANGAN ATAU SEMBUNYI-2, BAIK DIMINTA YANG MINTA SEDEKAH MAUPUN BUKAN KARENA DIMINTA, SIAPA TAHU YANG MEMINTA ITU ADALAH MALAIKAT YANG DATANG MENGUJI KEIMANAN KITA, TEGAKAN SHOLAT 5WAKTU DAN SUNAHNYA. INSYA ALLAH PADA SITUASI YANG TERBURUKPUN KITA SIAP MENGHADAPI DAN MATI DALAM KEIMANAN. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.