Selasa, 13 Oktober 2009

Awas Cuaca Buruk ; Hujan lebat dan Angin kencang


Jakarta - Kawasan Jakarta Selatan didera hujan deras, angin kencang dan petir mengguntur, pada Selasa (12/10/2009). BMKG sebelumnya telah merilis peringatan diri tentang cuaca ekstrem hari ini.

Hujan hingga pukul 13.10 WIB terpantau di kawasan Kuningan, Mampang, Buncit, Pasar Minggu, Ragunan. Dahan pohon berayun-ayun menahan gempuran angin lebat. Selain di Jakarta Selatan, hujan deras disertai petir juga terjadi di Cawang, Jakarta Timur.

Sementara itu BMKG menyatakan, terdapat aktivitas daerah tekanan rendah di sebelah barat Sumatera, Selat Karimata dan Samudera Pasifik sebelah timur Filipina yang mempengaruhi kondisi atmosfer di wilayah Indonesia terutama di wilayah utara khatulistiwa bagian barat, tengah dan timur.

Demikian juga dengan kondisi Dipole Mode di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera masih bernilai negatif dan MJO yang masih aktif di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Kondisi - kondisi tersebut mendukung bagi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia, terutama di Indonesia bagian barat dan utara serta di sekitar ekuator. Perlu juga diperhatikan adanya aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal di sebagian wilayah Indonesia.

Hal di atas akan berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama. Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah:

- NAD dan Sumatera bagian Tengah
- Pesisir Barat Sumatera
- Pesisir Timur Sumatera bagian Utara dan Tengah
- Jawa bagian Barat dan Tengah
- Kalimantan bagian Barat dan Timur
- Sulawesi bagian Utara, Barat dan Tengah
- Maluku bagian Utara, Tengah dan Selatan
- Papua bagian Barat, Utara dan Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.