Rabu, 14 Oktober 2009

Hampir 2juta Orang Indonesia Positif Gila? Ada apa ini



Sebanyak 11,6 persen atau 1,74 juta orang dari keseluruhan populasi orang dewasa di Indonesia mengalami gangguan mental emosional.

"Gangguan jiwa yang dimaksud di sini dari tingkat yang paling ringan seperti stres, depresi, dan gangguan kecemasan sampai tingkat yang berat," kata Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Farid W Hussain saat membuka seminar tentang kesehatan jiwa di Jakarta, Rabu.

Besaran masalah yang antara lain disebabkan oleh gangguan biologis dan kegagalan beradaptasi dengan perubahan psikososial itu, dia melanjutkan, juga cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

"Itu antara lain bisa kita lihat dari banyaknya kasus penyalahgunaan narkotik, perceraian, bunuh diri, tawuran antarpelajar serta konflik antarwarga dengan latar belakang suku, ras dan antargolongan yang ditayangkan di media elektronik maupun cetak.

Disamping minimnya pengalaman spiritual, bagaimana bersikap bila menghadapi suatu problema hidup dan minimnya pengetahuan agama akibat dari manusia sekarang mulai cenderung hidup secara individualis dan tidak memperdulikan orang lain.

Berikut tips dalam menghadapi persoalan :

1. Berusaha sabar ; Bahwa manusia adalah wayang yang dikendalikan dan ditentukan nasib baik dan buruknya oleh Allah pencipta alam. Percayalah tidak akan ada upaya lain selain sabar dan terus berusaha membenahi hidup, berdoa pada Sang Illahi, ciptakan harapan-harapan bahwa dengan upaya maksimal Tuhan akan menolong umatnya untuk segera lepas dari kesulitan dan kesakitan.

2. Sadari ; bahwa bukan kita sendiri yang mengalami kesulitan, banyak manusia lain yang nasibnya justru lebih buruk, selalu berbuat baik dengan siapapun, banyak bergaul dengan orang-orang saleh hindari konflik & masalah baru. Berani mendengarkan, yakin bahwa Malam akan segera berganti pagi. Perbanyak Ibadah Sholat, Doa maupun bersedekahlah dalam keadaan sempit maupun lapang.

3. Orang Yang Susah adalah Orang yang di kasihi Tuhan, dengan ujian kita baru sadar bahwa hidup ini Tuhanlah yang mengatur, manusia itu tidak berdaya. Yakinilah bahwa orang yang hidup dalam kemewahan adalah ujian yang buruk, karena manusia akan lalai dan ingkar karena dia merasa super dan membuat nya makin kikir dan jauh dari Rahmat Allah. Roda terus akan berputar, Anda sekarang dibawah, pasti Anda akan berada diatasnya pada giliranya, sedangkan orang yang kini berada diatas, tinggal menunggu waktu gilirannya untuk berada dibawah.

4.Ingatlah selalu ; bahwa Doa dan harapan Anda akan segera dikabulkan Allah (Ingat Janji Allah ; "AKU AKAN MENGABULKAN DOA-DOA MANUSIA YANG BERDOA DAN MEMINTA KEPADAKU" Janji Allah Pasti ' bila Anda terus berusaha dan Istiqomah

Selamat Merenung ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.