Kamis, 03 September 2009

Gempa 7,3 skala richter (SR) di Tasik, Jawa Barat


Tasikmalaya - Gempa 7,3 skala richter (SR) yang berpusat di 142 kilometer barat daya Tasikmalaya menghancurkan ratusan rumah di 9 desa di Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya. Akibatnya 400 penduduk terpaksa mengungsi di tenda darurat.

Pantauan detikcom pukul 08.00 WIB, Kamis (3/9/2009) suasana di tempat pengungsian cukup memprihatikan. Fasilitas kebersihan dan sarana untuk tidur kurang layak. Kebanyakan pengungsi hanya hanya tidur beratapkan tenda dan beralaskan tikar. Itu pun mereka masih harus berbagi dengan pengungsi lainnya.

Beberapa warga bahkan sudah mulai mengeluhkan penyakit. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah orang yang mengeluhkan masalah kesehatannya di kantor pelayanan kesehatan. 30 Orang -- termasuk balita -- saat ini ditangani tenaga medis setempat.

Sekitar 1.358 bangunan diketahui mengalami kerusakan di kecamatan Cigalontang. 679 Orang di antaranya merupakan rumah tinggal sedangkan 45 lainnya merupakan tempat ibadah dan sisanya merupakan bangunan lain.

Dari total bangunan yang rusak, kerusakan terparah terjadi pada sebuah masjid di Kecamatan Cigalontang. Korban tewas yang telah ditemukan 1 orang, 5 orang mengalami luka berat dan 27 orang lainnya mengalami luka ringan. (nov/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.