Senin, 30 November 2009

Tentang Sabar dan Syukur..: Taklim UJE


Subject: Ringkasan Tausiyah 16 Nov 2009

Ringkasan Ta’lim Uje
Senin 16 November 2009
Oleh Ustadz Shaleh Mahmud Munawir
Di kediaman Ustadz Jefri Al Bukhori

Tentang Sabar dan Syukur...
====================

Kita manusia seringkali mengeluh, lupa bersyukur..
Diberi nikmat saja kita jarang bersyukur, apalagi ketika diberi musibah. Padahal ketika mendapat musibah pun seharusnya kita mampu untuk bersyukur.

Seorang sahabat, Sayyidinah Ali bin Abu Tholib memiliki resep agar kita mampu bersyukur, yaitu:

(1) Kalau kita ingin menikmati hidup, maka ketika mendapatkan nikmat di dunia, janganlah bercermin pada nikmat yang jauh di atas kita, namun senantiasa melihat ke bawah. Betapa sebenarnya apa yang kita peroleh jauh lebih nikmat daripada yang diterima orang lain. Dari sinilah akan timbul rasa SYUKUR. Jika kita selalu melihat ke atas, dijamin kita akan sulit bersyukur, sebaliknya justru mengeluh dan mengeluh...

(2) Janganlah lepas melaksanakan shalat malam, apalagi shalat fardhu. Rasulullah SAW yang ma'sum (tidak memiliki dosa) saja masih mau melaksanakan shalat malam... Seperti disebut dalam riwayat Mughiroh bin syu'bah, bahwa Rasulullah mengerjakan sholat sampai kedua telapak kaki beliau bengkak, lalu beliau ditanya, 'Mengapa engkau masih membebankan dirimu dengan beribadah seperti ini? Padahal engkau ma'sum?' Beliau menjawab apa aku tidak boleh menjadi hamba yang bersyukur ? ( HR. MUSLIM / 5044 )

Ada sebuah kisah tentang Imron Al Khaliji, yang dikaruniai wajah buruk rupa, namun selalu bersyukur pada Allah, rajin shalat, dan amal ibadah sholeh lainnya..

Alkisah, Allah menjodohkannya dengan wanita paling cantik se Arab di jamannya. Sikap mereka satu sama lain patut kita tiru.. Suami yang BERSYUKUR dikaruniai istri sholehah nan cantik, dan istri yang tetap BERSABAR meski suaminya buruk rupa namun tetap BERSYUKUR karena akhlaknya yang mulia lebih penting daripada penampilan fisik. Subhanallah.

Semoga kita semua bisa menjadi muslimin dan muslimah yang senantiasa berSABAR dan berSYUKUR atas segala yang terjadi atas diri kita, baik itu nikmat maupun musibah.. amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.