Kamis, 07 Januari 2010

Perihal JANTUNG KITA


Jantung sering dijuluki organ paling vital yang menentukan apakah seseorang masih hidup atau tidak. Ada beberapa fakta tentang jantung yang sebelumnya hanya dianggap sebagai ungkapan saja.

Beberapa ungkapan seperti 'Ikuti kata hati', 'Makanlah sesuatu untuk jantung kita' atau ungkapan lain mungkin sering didengar. Tapi biasanya semua itu hanya dianggap sebagai mitos belaka. Sebenarnya ada beberapa ungkapan yang menunjukkan kebenaran dan disertai dengan penjelasan ilmiah.

Seperti dikutip dari MSN, Rabu (6/1/2010) ada beberapa ungkapan yang memiliki penjelasan ilmiah, yaitu:

1. Tangan dingin tapi jantung tetap hangat.
Jika keadaan lingkungan sedang dingin, maka tubuh akan mengarahkan darah dari kaki ke badan untuk melindungi organ-organ vital termasuk jantung. Dengan begitu, jari-jari tangan dan kaki akan terasa dingin tapi suhu tubuh akan tetap hangat.

2. Meninggal karena patah hati.
Sakit hati yang disertai dengan tidak memiliki jaringan sosial yang baik atau tidak mendapat dukungan dari teman dan keluarga, lebih memungkinkan membuat orang tersebut meninggal akibat serangan jantung di tahun depannya. Dalam hal ini depresi memainkan peranan, kadar hormon stres yang tinggi membuat jantung harus bekerja lebih keras. Jadi tak salah jika ada orang yang meninggal akibat sakit hati.

3. Jantung ada dimulut seperti mau keluar.
Jika mengalami suatu kejadian yang mengagetkan, maka terkadang orang merasa jantungnya seperti mau keluar. Ini disebabkan karena pembuluh darah aorta yang merupakan saluran utama mengalami perjalanan peradaran darah ke lengan, leher dan otak yang terletak di atas jantung. Dengan begitu seseorang seperti merasakan getaran di dada bagian atas dan tenggorokan saat sedang shock.

4. Jantung terletak di tempat yang tepat.
Masyarakat tahu bahwa jantung terletak di sebelah kiri dada, padahal kenyataannya jantung terletak di tengah dada. Meski demikian, bentuk dan lokasi jantung bisa bervariasi. Jantung bisa berada sedikit ke depan atau belakang, ke kiri atau kanan. Alasan dokter mendengarkan stetoskop pada sisi kiri, karena detak jantung akan lebih terasa akibat bilik jantung (ventrikel) kiri lebih besar dibandingkan dengan bilik kanan.

5. Ikuti apa kata hati.
Para peneliti di Institute of HeartMath menyatakan telah menemukan lebih dari 40.000 saraf (neuron) atau sel otak dalam jaringan jantung. Ini mendorong spekulasi bahwa ada kemungkinan kata hati mampu membimbing seseorang ke arah intuisi. Bahkan beberapa laporan pasien transplantasi jantung diketahui bisa mewarisi kenangan dari si pendonor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.