Jumat, 28 Agustus 2009

Hati-hati dengan Cuaca yang Ekstrem

Jakarta - Hujan angin masih mengancam Jakarta seperti yang terjadi Kamis kemarin (27/8). Cuaca ekstrem ini diprakirakan terjadi pada 28-31 Agustus 2009.

Menurut BMKG dalam rilisnya pada detikcom, Jumat (28/8/2009), wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah:

Pesisir barat Sumatera
Sumatera bagian utara dan tengah
Kalimantan Timur bagian utara dan timur
Kalimantan Barat
Jawa bagian barat
Sulawesi bagian utara, barat dan tengah
Maluku bagian utara
Papua Barat
Papua tengah
Papua timur bagian utara

Cuaca ekstrem itu terjadi karena masih adanya aktivitas daerah tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah Utara Papua dan daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian Tengah, Laut Natuna, Laut Cina Selatan hingga Samudera Pasifik sebelah Timur Filipina serta masih hangatnya suhu muka laut di wilayah Perairan Indonesia sebelah Utara Katulistiwa.

Selain itu, kelembaban udara di wilayah Indonesia bagian Utara dan disekitar ekuator cukup tinggi. Kondisi-kondisi tersebut mendukung bagi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia terutama wilayah Indonesia bagian utara dan sekitar ekuator.

Adanya aktivitas konvektif yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal di sebagian wilayah Indonesia juga perlu diwaspadai karena berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.
(nrl/irw)

Sumber: detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.