Senin, 19 Oktober 2009

Mengatasi lelah/BT karena Beban kerja




Lelah kronis merupakan salah satu penyebab utama timbulnya stres dan masalah kesehatan lainnya. Dengan beban kerja yang semakin meningkat dan waktu yang banyak dihabiskan di depan komputer, menyebabkan Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup di setiap malamnya. Jika Anda mengalami rasa lelah yang sangat ekstrim, bisa jadi Anda sedang menderita beberapa masalah kesehatan. Pelajarilah bagaimana caranya menyembuhkan rasa lelah ini, secara alami dan efektif.


Langkah 1 : Ritual sebelum tidur

Pekerjaan yang menumpuk atau dateline pekerjaan, membuat banyak orang sering kali membawa pekerjaannya ke rumah. Mereka bahkan memiliki ritual khusus mengecek email yang masuk sesaat sebelum beranjak tidur. Padahal, ritual ini tidak hanya menambah kadar stres, tetapi juga dapat mengganggu waktu istirahat dan pikiran Anda. Karena itu ganti ritual Anda. Buatlah ritual yang bisa membuat Anda tenang dan menghilangkan rasa letih. Berendam dalam air hangat, meminum segelas susu hangat atau sekedar membaca buku-buku ringan tepat dijadikan pilihan.

Langkah 2 : Pilih makanan sehat

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa lelah adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. Buah-buahan, sayuran, daging dan biji-bijian adalah pilihan terbaik untuk Anda konsumsi karena jenis makanan ini merupakan sumber vitamin dan mineral.

Langkah 4 : Keluarlah mencari udara segar

Sepanjang hari Anda dihabiskan di ruang kantor dengan bekerja? Pasti sangat membosankan dan melelahkan. Cobalah untuk keluar ruangan untuk sekedar menikmati pancaran sinar matahari dan udara segar. Cara ini diyakini dapat mengubah perasaan dan menyegarkan pikiran Anda kembali.


Langkah 5 : Berolahraga

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan dan mengembalikan energi Anda yang telah terkuras adalah dengan melakukan latihan fisik yang cukup. Karena itu, sesibuk apapun Anda, jangan melupakan olahraga.

Langkah 6 : Temui dokter

Jika rasa lelah Anda sudah sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas tidur, segeralah temui dokter. Dokter mungkin akan melakukan tes kesehatan atau memberikan obat-obatan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.