Rabu, 11 Agustus 2010

AGAR PUASA TETAP FIT DAN GIAT KERJA


Orang yang berpuasa disarankan tidak mengonsumsi gorengan ketika sahur, karena apa yang dimakan dan diminum ketika sahur dan berbuka menjadi faktor penting dalam menjaga kondisi tubuh selama Ramadan.

Phaidon L Toruan MM, Healthy Lifestyle Doctor, mengatakan pentingnya menghindari gorengan saat sahur, karena makanan berminyak tersebut membuat sel darah merah menggumpal seperti pacar cina.

"Akibatnya, antaran oksigen berkurang bisa hingga 20% dan akan mengantuk pada siang hari," ujarnya kemarin.

Selain waktu sahur, menurut dia, pada waktu berbuka pun makanan juga harus tetap diperhatikan. "Berbukalah dengan yang manis itu benar, tetapi idealnya dari bahan makanan alami."

Gula pasir yang terkandung di dalam berbagai makanan dan minuman, lanjutnya, akan menyebabkan lonjakan gula darah. Makanan manis ideal saat berbuka, bisa diperoleh dari gula aren, kurma, madu, gula stevia, atau buah segar.

"Jadi kalau mau berbuka dengan kolak, pastikan yang jual tidak mencampur gula pasir. Bikin sendiri, cendol juga oke. Khusus es campur, pakai gula stevia atau madu, hindari pemakaian susu kental manis," tegasnya.

Toruan menekankan tubuh harus dijaga kebugarannya selama berpuasa, di mana asupan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein ke tubuh tidak sebanyak pada hari biasa.

"Satu kata kunci agar bugar adalah mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur. Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah. Dengan demikian, gula darah tidak mengalami fluktuasi yang tinggi. Gula darah stabil dan ini sangat membantu metabolisme energi tubuh,"paparnya.

Menu karbohidrat ideal ketika sahur adalah ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah.

Toruan menyarankan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran saat sahur. "Sebab puasa bagi tubuh adalah program detoksifikasi."

Usus besar diistirahatkan dan tubuh berkesempatan membuang ampas metabolisme. Sisa makanan khususnya daging yang membusuk di usus besar bisa dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.