Senin, 19 Juli 2010

Lihat Matahari Jumat Sore, Itulah Kiblat yang Benar


Lihat Matahari Jumat Sore, Itulah Kiblat yang Benar

PBNU menyatakan, Jumat (16/7) sore, merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat awam di Indonesia mengetahui ke mana arah kiblat yang benar.

Lihat Matahari Jumat Sore, Itulah Kiblat yang Benar

JAKARTA - PBNU menyatakan, Jumat (16/7) sore, merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat awam di Indonesia mengetahui ke mana arah kiblat yang benar.

Menurut Kepala Lajnah Falakiyah PBNU Ghazalie Masroeri, saat itu kiblat akan berada persis di atas kabah sehingga masyarakat yang ada di Indonesia mendapat tuntutan, itulah arah kiblat yang sesuai.

"Ada banyak cara untuk mengukur kiblat, yang paling mudah dengan matahari. Lebih akurat dan mudah dipergunakan oleh orang awam," ujar Ghazalie saat berbicang dengan okezone, Jumat (16/7/2010).

Menurutnya, posisi matahari sore nanti, dapat diamanfaatkan masjid-masjid, untuk memperbaiki arah kiblat masing-masing. Namun Ghazalie menandaskan, pengurus tidak perlu membongkar mihrab, untuk menyesuaikan dengan arah kiblat, ccukup dengan menarik garis shaf yang sesuai.

Menurut ahli ilmu perbintangan ini, kini banyak masjid yang arah kiblatnya melenceng. Masjid-masjid di Bintaro, Tangerang, kata Ghazalie, kemiringan terjadi antara 10 hingga 14 derajat.

"Ini tergantung akurasi di masing-masing tempat. Di Bintaro, kurang lebih 14 derajat. Ada juga yang hanya 10 derajat, tergantung pengukuran," tambahnya.

Ghazalie mengungkapkan pengukuran menggunakan kompas seperti banyak digunakan saat ini, berpotensi menimbulkan ketidakakuratan.

"Banyak kesalahan pengukuran dengan kompas. Sangat mungkin salah karena kompas sangat terpengaruh dengan magnet. Kompas kemungkinan error karena bersifat instan. Kalau mau akurat ya dengan ilmu astronomi. Tapi butuh pengetahuan untuk itu. Kalau untuk awam, ya matahari saja," ungkapnya.

Berdasarkan data hisab Lajnah Falakiyah PBNU akan terjadi roshdul kiblat kedua pada Jumat 16 Juli 2010 sekira pukul 16.26 WIB. Roshdul qiblat pertama terjadi pada bulan Mei 2010.

Peristiwa roshdul qiblat akan membantu umat Islam dalam meluruskan arah kiblat dengan cara sederhana, karena pada momen ini matahari benar-benar berada di atas Kakbah sehingga segala sesuatu yang berdiri tegak bayangannya menuju kiblat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Klik Comment untuk komentar dan pertanyaan Anda. TERIMAKASIH.